Selasa, 08 Februari 2011

Jenis-jenis Manga

Banyak orang belum mengerti apa sebenarnya yang disebut dengan manga. Ini hal yang wajar, apalagi jika mereka bukan termasuk penggemar komik. Manga (dibaca sebagai man-ga atau ma-ng-ga) berarti komik dalam bahasa Jepang, Sedangkan pembuat manga disebut mangaka (dibaca sebagai man-ga-ka atau ma-ng-ga-ka).
Saat ini, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali beredar komik ala Jepang ini. Manga memang memiliki ciri khas yang unik dalam penggambaran karakternya dan mudah sekali membedakannya dengan jenis komik yang lain, misalnya dengan komik dari negara barat.

Ciri Khas Manga
Ciri khas paling menonjol dari penggambaran manga ini terletak pada wajah para tokohnya. Mata dari karakter manga digambar dengan ukuran yang besar, hidungnya digambar seminimalis mungkin, dan bibir dari si tokoh selalu terlihat kecil. Hal yang juga menarik dari penggambaran manga ini adalah rambut para tokohnya selalu berwarna-warni. Hasilnya memang kurang realistis, tapi gaya penggambaran manga ini ternyata cukup disukai di Indonesia, terbukti oleh banyaknya komik-komik Jepang yang selalu terpampang di toko-toko buku.
Walau tokoh manga digambarkan dengan sangat unik, background dari manga itu sendiri digambarkan semirip mungkin dengan dunia nyata. Gedung-gedung, pepohonan, suasana jalan raya, semua hal digambarkan sedetail mungkin dan tampak sangat realistis, kecuali untuk manga bergenre fantasi.

Manga Populer
Beberapa manga yang sangat diminati di Indonesia contohnya adalah Naruto, Bleach, atau One Piece. Ketiga contoh manga itu sangat populer dan buku komiknya selalu diburu di berbagai toko buku. Selain ceritanya yang unik, penggambaran tokohnya yang punya ciri khas tertentu ternyata mampu menarik minat para pembaca komik, mereka pun betah berlama-lama membaca manga yang ceritanya seolah tidak pernah tamat.

Jenis-Jenis Manga
Ada hal unik lain di balik manga ini. Ternyata, manga punya banyak jenis:
  • Shoujo: manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja perempuan. Umumnya memiliki tokoh utama seorang gadis berwajah cantik, ceritanya pun seputar cinta yang penuh dengan romantisme ala anak muda. Kebanyakan bercerita tentang seputar pacaran para remaja.
  • Shonen: manga yang khusus dibuat untuk pembaca remaja laki-laki. Biasanya memakai tokoh laki-laki dan ceritanya cenderung ke genre petualangan dan action. Kadang di dalam manga jenis ini, bisa didapati adegan-adegan seru pertarungan antar tokoh.
  • Kodomo: manga yang khusus dibuat untuk pembaca anak-anak. Cerita manga jenis ini sangat ringan dan biasanya lebih ke arah genre fantasi yang dikemas unik dan lucu.
  • Seinen: manga yang khusus dibuat untuk pembaca pria. Di manga jenis ini, ceritanya bisa dibilang cukup kompleks dan terkadang banyak ditemukan adegan kekerasan yang sangat vulgar.
  • Josei: manga yang khusus dibuat untuk pembaca wanita. Hampir sama dengan shoujo, tema cinta yang romantis masih dipakai di manga jenis ini, hanya saja ceritanya bukan lagi tentang cerita cinta ala gadis muda, tapi cerita cinta yang lebih kompleks pada wanita dewasa.
  • Hentai: manga yang mengandung unsur pornografi. Di manga jenis ini bisa ditemukan banyak adegan seksual yang vulgar.
  • Jidaigeki: manga yang mengandung unsur sejarah. Ceritanya ber-setting masa lampau dan terkadang ditemukan adegan-adegan perkelahian atau peperangan zaman kuno.
  • Mecha: manga yang banyak bercerita tentang robot. Banyak adegan pertempuran antar robot di dalam manga jenis ini.
  • Shoujo Ai : manga yang mengandung percintaan sesama perempuan tapi kadar PG nya ringan. Adegannya fluffy dan romantis.
  • Yuri : manga yang juga mengandung percintaan sesama perempuan tapi kadar PG nya berat, atau 18+. Adegannya berisi adegan yang sangat romantis antar perempuan. Biasanya yang menggilai manga jenis ini adalah kaum pria.
  • Shounen Ai : manga yang mengandung percintaan sesama laki-laki tapi kadar PG nya ringan. Adegannya fluffy dan romantis. Biasa manga ini juga disertai humor.
  • Yaoi : manga yang mengandung percintaan sesama laki-laki tapi kadar PG nya berat, atau 18+. Adegannya berisi adegan yang sangat romantis antar laki-laki. Biasanya yang menggilai manga jenis ini adalah kaum wanita.
Itu adalah jenis-jenis manga yang banyak beredar di Indonesia. Tiap jenisnya memiliki ciri unik yang bisa langsung kita kenali. Kita tinggal memilih jenis manga mana yang kita suka untuk dibaca. Dan pilihlah PG yang sesuai umur.

Kalau saya, saya biasanya membaca shoujo, shounen, shounen ai dan yaoi manga (hohoho saya fujoshi sih :P)

Sumber : http://www.anneahira.com/manga.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar