Selasa, 24 Mei 2011

National Education Day (Q&A) (Parents side)

Q : Apa pendapat anda tentang pendidikan nasional di generasi sekarang?
A : Pendidikan nasional generasi sekarang telah mengurangi aspek-aspek humanisme dan kebangsaan. Sehingga pendidikan berkarakter harus lebih dipertajam lagi.

Q : Siapakah sebenarnya tokoh-tokoh dibalik tanggung jawab pendidikan anak-anak bangsa?
A : Tokoh masyarakat, Kemdiknas sebagai regulator dan fasilitator, dan para pendidik.

Q : Kapan sebaiknya anak-anak yang masih belum terlalu menyadari adanya teknologi canggih diperkenalkan pada teknologi zaman sekarang? Contohnya saja anak-anak yang ada di pedalaman?
A : Ketika anak bangsa ini selalu ingin tahu tentang sesuatu, diperlukan teknologi (IT) untuk menjawab keingintahuan tersebut.

Q : Mengapa banyak anak-anak yang kurang mampu masih saja tidak bisa bersekolah?
A : Karena tanggung jawab pemerintah sebagai pengemban amanat belum menyentuh pendidikan kaum kurang mampu. Padahal sudah diamanatkan oleh undang-undang. Lalu, kepedulian masyarakat madani kurang begitu bagus terhadap motivasi pendidikan orang kurang mampu.

Q : Bagaimana cara mengatasi anak-anak yang kurang mampu untuk bisa bersekolah JIKA saja bantuan pemerintah tersebut belum menyentuh anak-anak kurang mampu tersebut?
A : Pertama, diselenggarakannya sekolah-sekolah informal (homeschooling), kedua, mendatangkan parah penyuluh pendidikan ke daerah-daerah kurang mampu tentang perlunya pendidikan, ketiga, merubah cara berpikir keluarga dan lingkungan kurang mampu untuk lebih terbuka terhadap masa depan dan perubahan zaman.

Questions from me
Answers by my parents

Tidak ada komentar:

Posting Komentar